Persiapan Sebelum Berangkat KKN

PERSIAPAN SEBELUM KKN

Asalamualaikum.wr.wb

Salam sehat selalu buat sahabat bloger semuanya dan khususnya buat temen temen yang lagi pada mau KKN ni.. hehehe…

Berhubung lagi rame ramenya pada mau KKN di kampus  termasuk saya… hihihi… :D aku mau share beberapa alat tempur yang harus di persiapan sebelum berangkat KKN karna ini sangat penting banget bro… karna kita akan tinggal di desa yang apa apanya lumayan susah, ya namanya juga di desa jadi tahu sendirilah… :D

1.      Survey lapangan

Beberapa hal yang harus di perhatikan dalam survay lapangan al

-          Tempat tinggal yang di sediakan oleh kepala desa apakah gratis,bayar, atau dll dan lihat ada berapa kamar dan kira kira cukup atau gak untuk satu kelompok

-          Perhatikan juga sinyal HP atau siap siap aja bawa beberapa perdana baru kali aja di sana provider anda tidak ada sinyalnya.. :D sayangkan kalau hanya gara gara KKn kita hilang kontak sama pacar, ortu dll terus nanti gimana caranya kita minta uang kalau hilang kontak sama ortu L wkwkwk… gak bias facebookan juga ntar dikira mati di KKN karna gak update status xixixixi :D

-          Udaranya dingin atau gak biar persiapan bawa jacket atau selimut…

Oke langsung aja gak usah pake basa basi tar basi… ini artikel saya ambil dari beberapa sumber yang tentunya mungkin dari mereka meraka yang sudah pernah melakukan kegiatan KKN ini :D oke yang pertama :

1.      Alat tulis :D (mending gak usah jadi mahasiswa aja deh kalau gak bawa alat tulis :D )Alat tulis seperti spidol, ballpoint warna, itu wajib bawa dan minimal setiap individu harus sudah punya… :P

2.      Printer + Kertas HVS A4 ( buat ngeprint) lucu kan kalau harus bolak balik ke rentalan. Iya kalau ada rentalan di desa… hmmm  L bakalan mampus kalau gak ada… L

3.      Kertas manila/ karton

4.      Tipe-x, gunting, catton bud, gunting kuku(kalau yang ini gue gak tau deh buat apa) :p

5.      Penggaris

6.      Double tape, lem kertas

7.      Laptop + hardisk eksternal yang berisikan film (persiapan kali aja disana nganggur gak ada kegiatan kan lumayan buat nonton selama sebulan :D )

8.      Roll kabel/ Terminal

9.      Kamera (kalau yang ini menurut gue harus wajib bawa dan wajib ada karna buat dokumentasi buat di abadikan seumur hidup) mudah mudahan kelompok gue ada yang ounya kamera ya Allah “amien”

10.  Papan nama / tambah/lempeng deh buat penunjuk arah posko KKN kita nanti biar kalau DPLnya maen gak kesasar :D

Nah kurang lebihnya kira kira seperti itu barang barang yang harus di siapkan sedini mungkin untuk persiapan sebelum berangkat KKN yang tentunya sedikit memakan biaya juga L tapi harus tetep semangaaaaat….

Okeh untuk yang selanjutnya saya juga akan share beberapa  barang barang pribadi yang wajib di bawa hehehehe…. ;)

1.      Baju tentunya buat kegiatan sehari hari kaos gak usah banyak banyak bila perlu tapi buat jaga jaga alangkah baiknya bawa yang banyak kali aja nanti disana sibuk dengan kegiatan dan gak sempet nyuci,,, :D hehehe… kata pak DPL bawa pakeanya yang biasa biasa aja gak usah yang mewah mewah… karna inget niat kita PPL adalah belajar bermasyarakat dengan masyarakat pokoknya selalu di inget inget aja deh tujuan kita PPL okeh

2.      Bawa baju kemeja 2-3 buat datang ke acara acara formal

3.      3 celana jeans, 3 celana pendek  atau seperlunya aja… hehehe

4.      Jas Almamater / Jas KKN juga tu jangan sampai Lupa

5.      Pakean dalam / CD :D hihihi wajib bawa banyak kalau gue sih… ckckckk :P

6.      Peralatan mandi (sabun, sikat gigi, pepsodent,)

7.      Minyak wangi, minyak rambut (persiapan kalau udara dingin dan males mandi :D)

8.      Buat yang muslim jangan lupa bawa sarung, topi, koko, dan mukena buat yang cewe… biasanya suka ada pengajian kalau KKN (kata anak yang udah pernah si )

9.      Special buat cewe jangan lupa juga bawa pembalut ya… kwak kwak….

10.  Handuk minimal 2 biar buat gonta ganti

11.  Sandal jepit  :D

Dan ini beberapa alat tambahan yang mungkin perlu di sediain

1.      Sabun cuci piring

2.      Sabun cuci baju

3.      Pewangi lantai

4.      Pewangi ruangan

5.      Autan kali aja banyak nyamuk

6.      Mie instan dan cemilan ( kalau yang ini kayaknya wajib deh… cz anak anak KKN kan biasanya suka begadang dan suka laper di malam hari :p )

7.      Kopi + gula (wajib )

8.      P3K

Hmmm.. mungkin segitu aja kali ya yang bisa saya share ma,lum saya juga baru mau KKN tgl 20 maret 2013 besok jadi mungkin masih banyak hal hal yang belum saya ke tahui…. Doain saja ya semoga saya dan temen temen saya sukses disana bias bersosialisasi dengan masyarakat…. 

Blogger
Disqus

Tidak ada komentar