Jurnal Penyusutan di Accurate

Setelah kemaren saya membahas cara menjurnal aset kendaraan yang di bayar secara kredit di accurate, sekarang saya akan bahas jurnal penyusutanya.


Untuk jurnal penyusutan aset, accurate sudah mensetingnya secara otomatias, jadi kita cukup klik ke periode tahun berjalan saja, nanti accurate secara otomatis akan menjurnalnya.
Caranya klik aktifitas – periodik – proses akhir bulan dan pilih bulan terahir yang akan di susutkan (lihat gambar)
Jurnal Penyusutan di Accurate

Perlu di ketahui dan di perhatikan, bahwa tanggal perhitungan penyusutan aset di accurate terbagi menjadi dua, dimana ketika asset di beli sebelum tanggal 16 maka penyusutan akan di hitung pada bulan tersebut, namun bila aset di beli di atas tanggal 16 maka penyusutan akan di hitung pada bulan berikutnya, maka dari itu perlu di sesuikan dengan akumulasi penyusutan yang di buat secara manual.

Bagaimana cara membatalkan jurnal aset yang sudah di akumulasi?
Untuk membatalkan jurnal penyesuaian yang sudah terdepresiasi temen temen masuk ke daftar – buku besar – history buku besar - uncek filter tanggal – cek depresiasi aktiva– dan hapus penyusutan aset yang sudah terjurnal (lihat gambar)
Jurnal Penyusutan di Accurate

Membatalkan Jurnal Penyusutan


Dengan membatalkan jurnal asset yang sudah di akumulasi temen temen bisa merubah setingan aset, seperti tanggal beli atau pembayaran, namun jika aset sudah terdepresiasi temen temen tidak akan bisa merubahnya.
Oke terima kasih, sekian postingan dari saya hari ini, semoga bermanfaat , jangan lupa like,comment and share 😂

Blogger
Disqus

Tidak ada komentar