Tips Produksi Konten Untuk Blog dan Social Media

"Bagi Sebuah Blog, konten laksana jiwa yang menghidupkan blog tersebut, Tanpa konten apalah arti sebuah blog ibarat raga tanpa jiwa"

Untuk kedua kalinya saya mengikuti Kopdar Workshop Grup Buku dan Blogger Backpaker Jakarta yang di adakan di Perpusda Gandaria Jakarta Selatan.
Di workshop pertama yang saya ikutin adalah membahas tentang oprek blog dasar yang di mulai dengan pengenalan dasar blog dan teman temannya, seperti domain, template, widget dan lain lain.

Baca : Anak Baru di Grup Blogger Backpacker Jakarta

Dan setelah sukses dengan workshop tersebut kubbu kembali mengadakan workshop dengan tema "Produksi Konten Untuk Blog dan Sosial Media" dengan nara sumber  Aniberta (Biasa di panggil teh Ani), seorang conten writter sekaligus blogger ketjeh badai yang sudah malang melintang dimana mana dalam dunia perbloggeran, bahkan sampai keluar negri loh.... warbyazahh bukan...


Yahhh Jakarta Sabtu pagi ini lagi tak henti hentinya di guyur hujan, membuat jalanan menjadi macet parahh.... namun anehnya meskipun diguyur hujan dari pagi suasana Jakarta masih aja panas, hmmm kapan ya politik di Indonesia berjalan adem??

Untuk mempersingkat waktu akhirnya dari Stasiun Manggarai saya dan kedua temen saya memutuskan untuk pesan Go Car saja, karena kalau melanjutkan mengunakan kereta kami harus transit satu kali lagi dan itupun harus di sambung lagi dengan menggunakan angkot atau ojek untuk sampai di Perpusda Gandaria.

Sampai di Perpusda Gandaria sekitar pukul 13:00 dan acara sudah di mulai hiks hiks saya langsung memposisikan diri dan langsung mendengarkan apa yang di sampaikan oleh Teh Ani Berta.

Ada penyesalan yang mendalam saat mengetahui kalau di awal acara ternyata dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, bisa dibayangkan kan betapa cintanya mereka terhadap Indonesia... duhh jujur saya si selalu mewek ketika menyanyikan lagu Indonesia Raya...


Ada beberapa point point penting yang saya dapat dari materi yang Teh Ani berikan, yang pertama :
A. Content
Dalam menulis sebuah berita ternyata ada dua jenis, yaitu :
  • Hard News : yaitu berita yang harus cepat di angkat, dan untuk mengangkat berita tersebut berita harus berdasarkan, reportase kejadian, menggunakan metode 5W 1H dan maksimal di terbitkan dua hari setelah kejadian.
  • Feature Story : adalah jenis berita yang bisa di tulis kapan saja, namun jangan mentang mentang bisa ditulis kapan saja kalian jadi gak nulis nulis ya, update dalam sebuah blog itu penting, karena blog akan mati secara perlahan tanpa ada pembaruan.

B. Power Of Content
Konten yang berkualitas adalah konten yang mempunyai kekuatan dalam Serp Engine, yang dalam hal ini yang menjadi kekuatan konten tersebut adalah adanya data data yang informatif, akurat dan dapat di percaya, maka dari itu untuk membuat konten yang berkualitas diperlukan adanya,
- Interview
- Observasi
- Ferivikasi 
- Dokumentasi dan 
- Logical Opinion
Nah dengan adanya point point di atas dalam sebuah tulisan maka konten yang kita tulis akan memiliki kekuatan di Serp Engine.

C. Social Media
Menurut Teh Ani sosial media ini sangat penting sekali untuk seorang blogger sebagai sarana untuk mempromosikan tulisan kita, namun untuk menggunakan sosial media sebagai sarana promosi juga ada optimasinya loh ternyata, berikut optimasi sosial media yang Teh Ani berikan :

- Followers

- Interaction
Setelah mempunyai banyak followers optimasi lainya adalah dengan seringnya berinteraksi dengan para followers, kenapa? Agar saling kenal dan terjadi sebuah interaksi sosial dan dengan tidak sungkan sungkan lambat laun followers kamu akan mampir di blog kamu, dan tidak terganggu dengan setiap artikel yang kamu share di timeline mereka.
Pernah nggak kalian merasa terganggu dengan orang yang selalu ngeshare sesuatu di timeline kamu, sedangkan kamu tidak mengenalinya???

- Sceduling
Jangan terlalu sering, karena selain mengganggu followers kamu tindakan ini juga akan di anggap spam, tapi kamu bisa menjadwalkan jam jam tertentu kamu share tulisan kamu do sicial media.

- Creatifity
Siapapun akan bosan jika yang dilihat monoton, cuman itu itu saja, nah dengan sedikit creatif akan menarik banyak pengunjung, bahkan mungkin akan jadi penasaran dengan artikel artikel lainya yang akan di suguhkan jika selalu ada inovasi dan kreatifitas dalam setiap content yang disajikan.

- Good Image
Sebuah tulisan tanpa gambar biasanya akan terasa hambar, so bikin gambar terbaik kamu dengan caption yang menarik.

- No Hoak
- No Sara
- Jangan lupa hastag

Nah itulah beberapa point point yang teh Ani berikan, sebenernya masih banyak, cuman karena kondisi saya yang lagi galau jadi kadang sedikit nglamun saat workshop berlangsung hehehe maafkan daku... 

Selain itu Teh Ani juga memberikan tips tips ketjeh yang perlu diterapkan buat kita yang ngakunya blogger lo... berikut tipsnya :

1. Tulislah apa yang ada dalam pikiranmu sekarang
Point ini simple namun kadang sering disepelekan oleh kebanyakan orang, yang termasuk saya sendiri, dimana ketika sudah mempunyai ide tidak langsung dituangkan dalam sebuah catatan yang akhirnya kita lupa, Teh Ani juga bilang sebagai penulis atau blogger janganlah pernah lepas dari buku dan pulpen atau notepad di gadget.
Dan coba biasakanlah ketika dapat inspirasi langsung tuangkan dalam sebuah tulisan, karena itu bisa dikembangkan nantinya.

2. Tulisanmu nilai jualmu
Teh ani bilang, perbanyaklah mereview sesuatu sesuai dengan passionmu, entah itu gandget, wisata, tips and trik dan lain sebagainya sesuai hobbi kamu, karena semakin kamu banyak mereview atau menulis itu akan menjadi nilai jual dari blog kamu, "apalah arti sebuah blog tanpa tulisan" hehehe

Gak cumam materi dan tips tips ketjeh yang saya dapatkan di Kopdar Workshop Bukku dan Blogger kali ini, tapi juga Quote Quote yang menginspirasi, berikut :

"Dalam membuat tulisan harus memberikan manfaat buat orang lain"

" Konten yang baik akan menjadi jalan keuksesan"

" Menulislah untuk melatih daya ingat"

" Tulis opinimu segera tanpa di tunda"

Dan lain lain bisa tolong ditambahkan kakak :D



Nah kurang lebih seperti itulah pelajaran yang saya dapat dan bisa saya share, mohon maaf apabila ada salah dan kurang, mohon koreksi dan masukanya ya....
Terima Kasih BPJ. 

Disclaimer : Semua foto di embed dari Intagram Kubbu BPJ
Btw Jangan lupa follow tweet saya kakak @mas_adventure

Blogger
Disqus

2 komentar

Baru denger nama mbak Aniberta dari blog ini mas :D
Mau nyari profil lengkapnya Teh Ani dulu :D
Terima kasih ya infonya :D

Balas

Sama sama, saya juga baru kenal kemaren hehehe 😃

Balas