4 Rekomendasi Makanan Untuk Hajatan

Menikah menjadi salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap orang. Untuk momen spesial ini, biasanya juga dibuat sebuah acara hajatan yang meriah. Dalam sebuah hajatan pernikahan, makanan menjadi sesuatu yang wajib ada. Ini juga yang sering ditunggu-tunggu para tamu. Setiap daerah pasti memiliki makanan khasnya masing-masing yang selalu ada dalam sebuah hajatan. Keberadaan makanan menjadi penting karena digunakan untuk menyambut para tamu. Tuan rumah akan selalu menyediakan berbagai makanan yang lezat dengan porsi yang cukup banyak. Siapapun tamu yang datang, akan dipersilahkan untuk menikmati hidangan yang disediakan. Bahkan untuk mereka yang usil, datang tanpa diundang, terkadang juga bisa menikmati makanan disebuah acara hajatan.

Makanan-makanan yang disajikan biasanya merupakan makanan khas di daerah tersebut. Beberapa daerah bahkan menyajikan makanan yang hanya ada ketika acara pernikahan. Tuan rumah pasti tak ingin malu ketika kedatangan tamu namun makanan yang dihidangkan ternyata tidak enak. Oleh karena itu, terkadang chef profesional atau orang yang pandai memasak sengaja didatangkan untuk memasak hidangan yang akan disajikan di sebuah hajatan pernikahan. Dibawah ini ada 3 makanan yang wajib ada di hajatan pernikahan.

1. Rendang

Makanan khas yang berasal dari Padang ini sudah menjadi hidangan primadona di acara hajatan. Rendang menjadi salah satu makanan terenak di dunia. Rendang selalu terasa enak dimakan dengan nasi atau tanpa nasi. Bagi yang sering makan Nasi Padang, pasti tau bagaimana nikmatnya makanan ini.  Jika dijual ditempat makan, makanan ini biasanya harganya cukup mahal. Rendang juga menjadi salah satu favorit kuliner yang ada pada acara hajatan. Nikmatnya rasa rendang karena bahan yang digunakan adalah daging dan rempah-rempah. Masyarakat Minangkabau seringkali menghidangkan Rendang ketika mereka mengadangakn hajatan. Rasa lezat yang ada pada Rendang juga disebabkan karena proses memasaknya itu cukup lama. 

2. Sate

Setiap ada hajatan, Sate menjadi makanan yang selalu tersedia. Hampir disetiap daerah menghidangkan sate saat acara pernikahan. Para tamu undangan juga suka dengan makanan ini, apalagi makanan ini dibuat dari daging, pasti rasanya enak banget. Makanan ini dibuat menggunakan daging yang telah dipotong dengan ukuran kecil-kecil. Kemudian daging tersebut ditujuk satu-satu menggunakan lidi atau tusukan khusus yang telah dibuat. Selanjutnya dibakar diatas bara api dari arang kayu. Di acara hajatan, seringkali disajikan sate ayam yang menggunakan bumbu kacang sebagai pelengkapnya. Namun tak jarang ada juga yang menyediakan sate kambing yang pada umumnya menggunakan sambal kecap. Ketika sudah memakan makanan ini, dijamin para tamu akan ketagihan untuk menikmati makanan tersebut kembali. Tapi yang namanya makan di acara hajatan, pasti dibatasi.

3. Bakso

Bakso merupakan makanan yang sangat mudah untuk ditemui. Hampir disetiap keramaian ada yang menjual makanan ini. Bakso juga sering dijadikan hidangan untuk tamu di acara hajatan pernikahan. Makanan ini selalu ada di setiap pernikahan mungkin karena proses pembuatannya yang mudah. Satu porsi bakso biasanya terdiri dari beberapa butir bakso,mi, bihun, taoge dan beberapa bumbu lainnya. Terkadang juga ditambahkan seperti tahu, pangsit ataupu telur. Hampir semua orang menyukai makanan yang satu ini. Makanan yang sering dianggap kelas pinggiran ini ternyata memiliki cita rasa yang tak kalah lezat dibanding makanan lainnya. Coba deh saat ke acara pernikahan, pasti akan menemukan makanan bernama bakso yang sangat legendaris ini.


4. Es Podeng

Es Podeng merupakan perpaduan dari Es, Cendol, Roti, Ketan Hitam, Alpukat, Kacang, Meses dan Susu yang meleleh di atasnya. Untuk satu porsi Es Podeng hanya dihargai sekitar 10.000 Rupiah dan bisa lebih murah jika pesan banyak. Es Podeng biasanya dijual di dekat rumah makan, atau tempat strategis lainya, saat ini es podeng banyak digunakan untuk acara-acara hajatan karena kemasannya yang bagus dan tidak ribet.
Es Podeng



Berlangganan via Email